Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.

Emulator Android Ringan

4 min read

Berkembangnya kemajuan teknologi saat ini membuat banyak game dan aplikasi membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi. Jika smartphone kalian memiliki spesifikasi yang minim, kalian bisa mengatasi hal ini dengan memainkan game dengan menggunakan emulator android paling ringan di PC atau laptop.

Saat ini siapa yang tak mengenal Android? Bagi generasi kaum muda yang lahir di jaman internet tentunya suah tidak asing lagi dengan Android, sejak lahir mereka sudah menikmati keajaiban teknologi bahkan jangan kaget kalau seorang bayi pun tidak bisa lepas dari Android.

Begitu banyak fitur-fitur canggih yang menarik untuk terus kita telusuri dengan sebuah Android. Banyak aplikasi-aplikasi software komputer juga turut dihadirkan untuk operating system Android. Yang sontak saja semakin menambah kepopulerannya.

Dewasa ini, sudah banyak developer programmer yang mengembangkan emulator Android sebagai solusi untuk kalian yang ingin merasakan main game di HP kaki lima rasa bintang lima!

Yap, emulator Android ringan adalah kabar baik bagi kalian yang ingin bermain game android terbaik di PC, namun terhalang dengan spesifikasi yang kentang dan pas-pasan. Dengan cara ini, kalian bisa membuat ponsel virtual di Laptop atau PC, dan menjalankan aplikasi seluler di desktop kalian

Selain untuk bermain game, emulator Android juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lainnya, seperti aplikasi Instagram. Dengan adanya emulator ini, memungkinkan kalian untuk mengunggah foto dari Laptop atau PC, dimana hal tersebut adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan.

Jadi, berikut ini rekomendasi emulator Android paling ringan dan cepat terbaik 2021 yang wajib kalian kalian cobain!

1. BlueStacks

emulator android ringan

Emulator bluestack bisa membuat kalian bermain games Android di laptop atau PC. BlueStacks dikenal sebagai emulator terbaik yang kualitas dan keandalannya sudah tidak bisa diragukan lagi.

BlueStack dirancang dengan mengutamakan kemudahan pengguna, serta terlihat seperti Android yang masuk ke dalam Laptop atau PC kalian. BlueStacks sendiri memiliki aplikasi gratis juga berbayar, dimana untuk aplikasi gratis terdapat banyak iklan pop-up dan sponsor dari brand lain.

Aplikasi BlueStacks pada umumnya digunakan untuk games yang bisa kalian unduh di Google Play Store atau Store resminya.

Nah, BlueStack sendiri sudah masuk seri yang ke-5 tentunya banyak fitur yang sudah di upgrade dari aplikasi sebelumnya. BlueStacks 5 ini bisa kalian unduh secara gratis dari situs resminya, dan aplikasi ini juga tersedia dalam beberapa pilihan seperti online installer dan juga offline installer.

Note: Untuk bisa menginstal BlueStacks, setidaknya PC kalian punya kapasitas RAM minimal 2 GB.

2. NoxPlayer

emulator android untuk pc

Emulator NoxPlayer adalah salah satu emulator Android yang ringan dan cepat serta gratis yang memungkinkan kalian dapat melakukan sideload aplikasi dari luar Googgle Play Store.

Jika kamu berencana menggunakan NoxPlayer untuk bermain game, maka dijamin deh kalian pasti bakalan suka, karena dengan NoxPlayer kalian bisa menggunakan gamepad favoritmu!

Meskipun NoxPlayer dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan para gamer, kalian juga dapat menginstall aplikasi lain dari Google Play Store loh!

Selain aplikasinya yang gratis, NoxPlayer juga nggak ketinggalan punya banyak fitur kece, seperti screenshoot, video recording, dan pilihan untuk menginstall Software dari aplikasi yang diperoleh dari luar Google Play.

Note: Agar pengalaman bermain kamu lebih maksimal , pastikan setidaknya PC kamu punya kapasitas RAM minimal 1.5 GB.

3. MEmu Play

emulator android pc ringan

Emulator MEmu Play salah satu emulator Android yang mudah untuk diinstall, meskipun namanya baru dan tidak branding namum berhasil terbentuk dan sukses dengan alasan yang bagus. Seperti namanya, MEmu Play juga berfokus pada game.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik, kalian disarankan untuk mengaktifkan virtualisasi pada CPU. MEmu menawarkan kompatibilitas lengkap dengan chip Intel dan AMD, serta grafis yang terintegrasi.  

Emulator ini juga sudah memiliki akses root dan tampilan sidebar lengkap dengan banyak fungsi dan fitur tambahan. Kalian bahkan bisa menjalankan beberapa instance secara bersamaan.

Note: Jangan lupa, pastikan kapasitas RAM kamu setidaknya 2GB ya!

4. AndY

emulator android pc

Emulator AndY memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk lebih fleksibel dalam mengeksplor fitur dan aplikasi android lebih banyak lagi. AndY sendiri memiliki kelebihan dari emulator Android lainnya lho!

Pasalnya Andy juga mendukung antarmuka Android secara penuh, dan bisa menjadikan ponsel sebagai controller dengan cukup menghubungkannya melalui koneksi Bluetooth atau WiFi.

Walaupun AndY pernah terlibat masalah pada saat perilisannya karena keterlibatan mereka dengan kasus malware yang mengambil bentuk crypto miner tapi tenang, mereka sudah menyatakan bersih dari kasus tersebut. Jadi, Don’t worry, be happy.

5. Leaproid

emulator android paling ringan dan cepat

Emulator Leaproid sudah sangat populer yang bisa kalian gunakan untuk menjadi pilihan emulator berbagai aplikasi android di Laptop atau PC windows kalian. Dengan Leaproid kamu dapat bermain game dan menggunakan aplikasi favoritmu tanpa harus mengkhawatirkan touchpad kecil, hp yang lelet, atau pemakaian baterai yang boros.

Disamping itu, layar komputer yang lebih besar tentunya akan semakin memudahkan kalian untuk menikmati berbagai permainan juga aplikasi lainnya.

Emulator adalah pilihan tepat untuk menikmati permainan yang mulus dan menyenangkan di layar yang lebih besar. Faktanya, dengan emulator seperti LeapDroid, pengalaman bermain game kamu naik ke level berikutnya, semakin seru dan pastinya semakin nggak mau berhenti.

6. Game Loop

emulator android paling ringan

Game Loop adalah emulator Android yang utamanya digunakan sebagai platform game. Beberapa game yang paling populer yaitu, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Mobile Legends, dan game populer lainnya.

Namun, seperti halnya BlueStacks, Game Loop ini juga berfokus pada gamer seperti namanya saja “game loop” jadi jika kalian mencari emulator Android untuk bisnis ataupun pekerjaan kantor mungkin Game Loop bukanlah solusi yang tepat.

Tapi, jika kamu gamer sejati yang mau mencari akses mudah untuk bermain game android di laptop atau PC, maka Game Loop bisa menjadi salah satu pilihanmu.

7. Genymotion

emulator android ringan

Genymotion merupakan emulator Android yang digunakan oleh sebagian besar developers. Emulator genymotion memungkinkan kalian untuk menguji aplikasimu di berbagai perangkat tanpa memiliki aplikasi tersebut.

Kalian juga dapat mengkonfigurasi emulator agar berjalan dengan berbagai versi Android sesuai kebutuhanmu. Misalnya, menjalankan Nexus One dengan Android 4.2 Jelly Bean atau Nexus 6 dengan Android 6.0 Marshmallow.

8. LDP Player

emulator android ringan ram 1gb

LDP Player juga berfokus pada kinerja game. Aplikasi ini merupakan salah sedikit dari emulator yang di-upgrade secara aktif untuk meningkatkan kompatibilitasnya. LDP Player juga didukung oleh beragam games terpopuler seperti, Among Us, Garena Free Fire, Clash of Clans, dan banyak lagi.

Selain itu, LDPlayer juga cocok sekali untuk pengguna media sosial karena aplikasi seperti TikTok, Instagram, WhatsApp, dll dapat digunakan sehingga mempermudah kamu yang esksis abis!

9. Droid4x

emulator android ringan

Emulator Droid4x bisa menjadi pilihan menarik untuk emulator Android untuk PC dengan kapasitas RAM 1GB. Emulator Android ini sangat ringan dan cepat dan kelebihan dari Droid4X yaitu sudah mendukung layar sentuh jika komputer kalian mendukung fungsi layar sentuh.

Selain itu Droid4X juga memiliki fungsi yang dapat merekam layar emulator. Jadi jika kalian ingin menyimpan history saat bermain game, kalian dapat mencoba mengonfigurasi keyboard atau gamepad ke sistem Droid4x untuk memainkan game favorit kalian.

10. KoPlayer

emulator android ringan

Emulator KoPlayer merupakan pilihan emulator Android yang ringan dan memiliki fitur unik untuk meningkatkan performa game kalian. KoPlayer dapat digunakan pada perangkat Windows dan Mac.

Selain itu emulator ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan serta memiliki fitur perekaman layar yang dapat kalian gunakan.

Pengguna dapat memilih antara kecepatan untuk memaksimalkan performa emulator dan kompatibilitas sebagai opsi yang aman. Meskipun emulator ini berfokus pada game, emulator ini juga sudah kompatibel dengan layanan Google Play Store.

Oke sob, jadi itulah beberapa rekomendasi Emulator Android yang wajib kalian unduh untuk pengalaman bermain game yang lebih seru, untuk para developer, atau untuk kalian yang hanya sekedar iseng.

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi Laptop atau PC sebelum melakukan pengunduhan, untuk menghindari terjadinya lag atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

Rate this post
Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.

Aplikasi VPN PC

Dwi Gita
4 min read

Cara Screenshot di Laptop

Dwi Gita
3 min read

Micro SD Terbaik

Taqi Nofriansyah
3 min read