Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.

Cara Mengetahui Product Key Windows 10

3 min read

Apakah kalian tau saat ini laptop keluaran baru yang dijual di pasaran dengan pra-instal Windows 10 sudah tidak berani lagi menyertakan stiker Certificate of Authenticity (CoA) yang berisikan product key. Untuk itu kalian harus memahami cara mengetahui product key windows 10.

Teknologi penanaman product key ini akan membuat kalian tak perlu bingung lagi pada saat hendak meng-install ulang laptop kalian.

Hal ini karena ketika laptop sudah tersambung ke internet, Windows, maka akan secara otomatis teraktivasi pada product key di UEFI untuk mengonfirmasi database yang dicatat oleh Microsoft.

Nantinya kalian masih perlu mengetahui product key Windows jika kasus lain terjadi. Contohnya, saat kalian mengganti hard disk laptop menjadi SSD, atau kalian ingin memindahkan product key itu ke laptop lain.

Apakah hal ini akan membuat kalian bingung? Jangan khawatir karena ada beberapa lagkah mudah dapat kalian lakukan. Berikut kami akan memberikan informasi secara lengkap untuk kalian semua.

Bagaimana Cara Aktivasi Windows 10?

Cara Mengetahui Product Key Windows 10

Sebelum kita membahas lebih detail lagi cara cek lisensi windows 10, kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara aktivasi Windows 10 terlebih dahulu.

Untuk melakukan aktivasi pada Windows 10, kalian akan diberikan dengan 2 pilihan:

  1. Mendapatkan lisensi digital
    Kalian dapat mengaktifkan Windows 10 lisensi digital, dengan kepemilikan digital W-10 pada versi 1511. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan yang versi original tanpa harus memasukkan 25 digit product key.
  2. Menggunakan Product Key Windows 10
    Untuk mendapatkan Windows 10 versi original, kalian memasukkan Windows 10 Product Key yang berjumlah 25 huruf itu pada pengaturan kita. Nantinya kami akan menjelaskan di bawah mengenai 25 huruf Windows 10 Product Key itu.

Ciri-Ciri Windows 10 Tidak Original

Cara Mengetahui Product Key Windows 10

Jika kalian ingin mengecek terlebih dahulu apakah Windows 10 yang terinstall sudah benar-benar original atau tidak, kalian harus mempelajari hal sederhana bagaimana cara melihat windows asli atau tidak.

Ketika melihat secara fisik, sistem operasi laptop/PC yang menggunakan Windows yang asli atau original, biasanya ada pada sticker khusus yang ditempelkan pada body laptop atau PC yang kalian miliki.

Tetapi terdapat banyak cara mudah juga yang dapat digunakan untuk menemukan bahwa Windows 10 original atau tidak, jika memiliki ciri-ciri di bawah, berarti kemungkinan tidak oraginal yaitu :

Terdapat Watermark Activate Windows di Layar

Jika di laptop kalian terdapat tanda tersebut, sudah dipastikan bahwa Windows 10 milik kalian belum di aktivasi. Jadi pastikan saat membeli PC/Laptop cari yang tidak ada tanda watermark tersebut.

Hal ini terjadi karena mungkin saja penjualnya lupa belum memasukkan Windows 10 Product Key.

Banyak Fitur yang Terkunci

Fitur yang terkunci alias kita tidak dapat mengganti background desktop, padahal hal itu adalah halyang sangat sederhana. Jika hal ini tidak bisa dilakaukan, kemungkinan besar Windows 10 kalian tidak original.

Hal lain yang tidak bisa dilakukan seperti tidak dapat mengganti Wallpaper, mengedit taskbar, lockscreen dan lain lain-lain.

Untuk itu jika kalian membeli laptop pastikan Windowsnya original/asli, dan pastikan juga Product Key Windows 10 berfungsi dengan normal.

Aplikasi Bermasalah dan Tidak Dapat Digunakan

Ada aplikasi-aplikasi bawaan Windows yang tidak dapat dibuka dan tidak dapat dipakai lagi, sehingga nantinya akan mempersulit kalian.

Misalnya ketika kalian memakai aplikasi bawaan Windows 10, seperti Snipping Tool, akan tetapi kalian tidak bisa melakukan screenshoot. Maka kemungkinan besar Windows 10 yang kalian gunakan tidak original/asli.

Muncul Isu Keamanan yang Dapat Merugikan

Sering dijumpai ketika Windows 10 tidak original, maka biasa mengancam data-data kalian. Bisa jadi data personal dapat di hack oleh orang lain karena keamanan yang lemah.

Selain itu, sering terjadi di dalam Windows tersebut banyak malware yang dapat mengambil data di komputer atau Laptop kalian.

Jika kalian ingin menggunakan Windows 10 original, maka kalian akan mendapat update patch keamanan secara berkala, sehingga akan dapat meminimalisit isu keamanan terkini.

Kalaupun jika nantinya ada masalahnya dan kalian diharuskan untuk install ulang aplikasi tersebut, kalian bisa saja tidak dapat melakukan install ulang.

Cara Melihat Product Key Windows 10

Cara Mengetahui Product Key Windows 10

Ketika kalian tau dan memiliki beberapa Produk pada Windows 10, kalian akan merasakan kenyamanan. Karena jika nantinya kalian mendapat masalah pada Windows 10 dan harus menginstall ulang.

Kalian bisa mendapatkan Windows original dengan cara memasukkan kunci produk di Windows 10 yang diaktivasi.

Terdapat pada Laptop / PC

Jika kalian membeli laptop dan PC yang sudah terinstal pada Windows 10, artinya Windows 10 kalian yang original. Ini dapat dibuktikan dengan sertifikat keaslian di dalam box dan juga kotak laptop itu Kunci Produknya.

Nanti silakan kalian tanyakan kepada penjualnya kalau tidak ada Product Key di Windows 10. For Your Information ya, biasanya untuk laptop atau PC terbaru tidak ada sticker dengan bentuk seperti di atas.

Tapi bukan berarti Windows 10 nya tidak original ya, silakan tanyakan ke penjual keaslian Windows 10 nya serta mintakan Windows 10 Product Key.

Dari Penjual Resmi

Jika kalian nantinya akan membeli Windows 10 dalam bentuk CD, dan kalian membeli yang versi resmi, maka di dalam box CD tersebut biasanya terdapat Product Key Windows 10.

Jika tidak ada, jangan lupa kalian tanyakan kepada penjualnya, karena harusnya ada dan masih tersegel kotak CD nya. Jangan sampai CD Windowsnya tidak asli dan juga kunci produk Windows 10 nya palsu.

Kalian juga diharapkan untuk teliti dan cek ricek sebelum “membeli” laptop/PC untuk perangkat baru kalian.

Data Digital dari Penjual Resmi

Hal ini biasanya akan kita dapatkan pada saat membeli melalui toko resmi/store, ini bisa kita beli melalui website dan kita nantinya akan dimintai untuk mendaftarkan email, dan Windows 10 pada Product Key akan di kirim melalui email dan kalian akan dimintai konfirmasi ke toko.


Data digital dari Website Microsoft

Windows 10 Product Key bisa kalian dapatkan saat membeli lisensi dari situs Microsoft resmi. Sehingga pada saat membeli produknya melalui situs resmi Microsoft, kalian bisa mendapatkan melalui link.

Link itu dari download Windows 10 beserta Product Key di email kita atau melalui dashboard pada riwayat pembelian di situs Microsoft resminya.

Penutup

Demikian penutup yang dapat kami berikan terkait tentang bagaimana cara mengetahui Product Key Windows 10. Tata cara ini bisa menjadi solusi untuk kalian yang bingung mengenai cara mengetahui Product Key Windows 10.

Akhir kata, jangan sampai ketinggalan setiap informasi terbaru dan terupdate dari kami, Terimakasih.

Baca Juga :

Rate this post
Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.