Komputer

Cara Aktivasi Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi yang sangat populer dan telah ada sekitar sepuluh tahun lalu. Beberapa pengguna masih setia memakai sistem ini karena tampilan yang diberikan sederhana namun menarik, namun perlu diketahui juga untuk cara aktivasi Windows 7 secara permanen dengan mudha.

Pengguna Windows 7 sendiri biasanya adalah para pelaku usaha warnet dan tukang print. Iya benar, saat kita memasuki warnet biasanya setiap komputer menggunakan sistem windows 7.

Hal tersebut dikarenakan memakai sistem Windows 7 tidaklah lemot dan jarang nge-crash sehingga mereka tidak merasa perlu untuk meng-upgrade sistem operasi komputernya.

Selain itu tampilannya yang sederhana namun menarik jika dibandingkan dengan Windows versi yang lainnya. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa cara untuk mengaktivasi sistem operasi ini, di antaranya adalah aktivasi dengan lisensi resmi (permanen), Windows Loader (offline) atau menggunakan aplikasi CMD.

Aktivasi Windows 7 Secara Permanen

cara aktivasi windows 7

Biasanya, windows 7 memberi kamu waktu percobaan dalam kurun waktu 30 hari sejak pertama kali dipasang. Pada waktu tersebut, Windows 7 dapat digunakan tanpa aktivasi.

Namun proses aktivasi harus dilakukan setelah 30 hari sejak pertama kali dipasang. Jika tidak diaktivasi, kamu akan mengalami beberapa masalah saat penggunaan sistem operasi.

Masalah yang mucul jika kamu tidak aktivasi biasanya muncul jendela Windows Activation setiap Windows 7 melakukan booting. Jendela tersebut muncul sebagai notifikasi bahwa sistem operasi yang kamu gunakan harus diaktivasi.

Selain itu laptop atau PC kamu akan otomatis berwarna hitam dan muncul bacaan This copy of Windows is not genuine di sudut bawah sebelah kanan. Bacaan itu akan terpasang otomatis sekalipun kamu memasang wallpaper lain pada background.

Oleh karena itu, aktivasi Windows 7 wajib dilakukan agar gangguan-gangguan kecil seperti tadi, tidak menghalangi aktivitas kita. Nah berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Menggunakan Windows Loader

Cara Aktivasi Windows 7

Cara aktivasi ini mengharuskan kamu untuk mengunduh software Windows Loader. Namun, setelah mengunduhnya, kamu dapa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara aktivasi windows 7 dengan windows loader:

  1. Matikan Windows Defender dan software antivirus yang terdapat pada laptop atau PC kamu.
  2. Nonaktifkan internet dengan memutus hubungan wifi dan LAN.
  3. Selanjutnya matikan juga Windows Firewall dengan caranya klik Start pilih Control Panel lalu pilih System and Security dan klik Windows Firewall selanjutnya pilih Turn Windows Firewall On or Off lalu centang Turn Off Windows Firewall.
  4. Setelah semua dimatikan, kamu baru dapat membuka file unduhan Windows Loader dan lakukan extract format RAR Windows Loader atau klik kanan pada file unduhan lalu pilih Run as Adminstrator.
  5. Pada jendela Windows Loader yang muncul kemudian, pilih Install dan tunggu beberapa saat hingga jendela “Installation Complete” muncul.
  6. Dalam jendela tersebut, terdapat keterangan “The certified and serial were successfully installed”. Klik OK, lalu tutup software Windows Loader.
  7. Restart laptop atau PC kamu.
  8. Selesai.

Setelah restart selesai, klik Start lalu klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties untuk melihat apakah proses aktivasi menggunakan Windows Loader berhasil atau tidak. Jika muncul tulisan GENUINE pada jendela Properties, proses aktivasi telah berhasil.

Nyalakan kembali Windows Defender, software antivirus, koneksi internet, dan Windows Firewall dengan cara yang sama seperti saat kamu matikan tadi.

Cara aktivasi Windows 7 dengan menggunakan Windows Loader ini dapat diterapkan pada versi Windows 7 Ultimate 64 atau 32 bit, Windows 7 Professional 64 atau 32 bit, atau versi serta arsitektur Windows 7 lainnya.

Dengan cara ini, Windows 7 akan teraktivasi selamanya (permanen) yang membuat kamu tak perlu khawatir akan masa kedaluwarsanya.

Menggunakan KMSPico

Perangkat lunak yang dapat membantu untuk mengaktivasi windows 7 yaitu KMSPico. Software ini sangat populer sebagai aplikasi yang menyediakan akses penuh ke Windows 7 tanpa memerlukan product key.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk mengaktifkan Windows 7 secara permanen.

Cara aktivasi Windows 7 tanpa product key:

  1. Download dulu aplikasinya disitus website https://official-kmspico.com/.
  2. Kemudian ekstrak file rar yang telah kamu unduh.
  3. Selanjutnya Klik dua kali pada file exe untuk menjalankan softwarenya.
  4. Di jendela penginstalan, klik tombol berikutnya.
  5. Lalu centang kolom terima perjanjian dan klik berikutnya.
  6. Sekarang instalasi kmspico sedang berlangsung untuk mengaktivasi windows 7.
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika kamu mengalami masalah dengan langkah-langkah yang diuraikan di atas, hal pertama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan program virus di Windows 7.

Jangan lupa restart laptop atau PC kamu setelah berhasil mengikuti panduan di atas agar proses aktivasi Windows 7 bisa diterapkan dengan baik.

Menggunakan CMD

Jika kamu tidak ingin menggunakan software untuk proses aktivasi Windows 7, menggunakan progam bawaan CMD mungkin solusinya.

Seperti yang kita ketahui, CMD adalah fitur bawaan Windows, jadi tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan dan dapat dijalankan secara offline.

Cara mengaktifkan Windows 7 dengan CMD:

  1. Klik ikon Windows yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Lalu ketik CMD di kotak pencarian untuk mencarinya.
  3. Setelah itu klik kanan pada CMD dan pilih opsi Run as administrator.
  4. Saat terbuka, masukkan slmgr -rearm di jendela CMD.
  5. Selanjutnya tekan Enter untuk mengirim perintah.
  6. Kemudian restart PC atau laptop kalian.
  7. Selesai.

Dengan Product Key

Banyak toko online yang menjual license key ini, seperti di Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee dengan harga yang terjangkau.

Setelah paket ini telah kamu dapat, kamu juga akan mendapatkan e-mail yang berisi license key. Baru pada tahap inilah, aktivasi Windows 7 dapat dilakukan.

Setelah pembelian berhasil dilakukan, Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Klik Start di pojok kiri bawah desktop PC atau laptop kamu. Kemudian, klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties.
  2. Pada jendela Properties, muncul pemberitahuan yang meminta kamu mengaktifkan Windows 7.
  3. Klik “Active Windows Now” dan tunggu beberapa saat.
  4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk menginput product key atau serial key Windows 7 yang kamu dapat melalui e-mail.
  5. Klik Next dan tunggu beberapa saat lagi hingga proses verifikasi windows 7 product key Akamu selesai dilakukan.
  6. Jika sudah selesai, akan ada pemberitahuan “Active Success”. Artinya, product key kamu valid.

Ini dia beberapa product key gratis yang dapat kamu gunakan untuk melakukan aktivasi windows 7:

342DG-6YJR8-X92GV-V8R4V-P6K27J783Y-JKQWR-677Q8-KCXTF-BHWGC2VCGQ-BRVJ4-2HGJ2-K36X9-J66JG
MGX79-TPQB9-KQ248-KXR2V-DHRTDTHHH2-RKK9T-FX6HM-QXT86-MGBCPD8BMB-BVGMF-M9PTV-HWDQW-HPCXX
V2KHD-CXKRG-VQB7C-GXCX3-K9B6KCMBJC-VHBMB-C4H3F-QCXGM-X48JPTFP9Y-VCY3P-VVH3T-8XXCC-MF4YK
J9GR3-BG6D8-BDTWB-HTW6M-9MF4CHXJC9-DYFJ8-4R2TV-2X4FK-Y2JBHHXJC9-DYFJ8-4R2TV-2X4FK-Y2JBH
CR8D2-XCB3Q-MH2XG-4FFYY-DKJ6PBHGRJ-VC4PK-7JJ4H-6X476-MJ28BGMY2P-RBX7P-TQGX8-C8B9B-BGXFF
PVMYG-HQDP7-PHHFT-X2PBD-6VDX4BF9J7-HKCFK-D2TCB-TPH7R-43CD8J3MPD-MX97W-MM34H-RYR23-C2MGX
4FMW9-MXPRT-3KQ3C-63D3T-X9JTH9D7WR-JB2Q4-9G6W9-B9327-28H4RVT4PJ-KTF64-JYWB8-QV9YQ-2PTGG
FJHWT-KDGHY-K2384-93CT7-323RCKJYJB-GDCGX-2DKYQ-XY3YF-TF3FWJ78FT-J48BQ-HH2M7-CYVTM-MXRHY
39QDH-D7MHH-WDMTD-TM2R9-KM7DBBJH3H-B776D-P26TW-J3K3F-FF24Y2VQ2W-WKW6B-X47XG-48JXY-H3CGK
FJHWT-KDGHY-K2384-93CT7-323RCGQ6JK-GQXQV-WJJ87-R4MKB-FKQGF9BP77-QHMM6-RKYF7-CKVYY-YCRXF
PTJCK-DPFYX-73W7B-GMMKC-RB6CGGH2V-X4V32-G7G7Q-KC7H6-3T228VM2RB-GH8PH-38DTP-M3WFT-GG2Q9

Manfaat Aktivasi Windows 7

Windows 7 yang orisinil jelas berbeda dengan yang bajakan, artinya tidak hanya gangguan-gangguan kecil yang akan hilang di layar laptop kamu, tetapi beberapa keuntungan yang tidak sedikit bisa kamu dapatkan seperti berikut ini.

Lisensi Windows Orisinal

Sebelum diaktivasi, sistem operasi yang kamu gunakan berstatus sementara, bukan permanen. Maka dari itu, setelah melakukan aktivasi, Windows 7 yang kamu gunakan berubah otomatis menjadi orisinal.

Hak Sepenuhnya Milik Kamu

Windows 7 yang belum aktivasi akan dianggap sebagai windows pinjaman, artinya agar kamu merasakan kesesuaian penggunaan dengan kebutuhan. Berakhirnya masa ‘pinjaman’ ditandai dengan munculnya tulisan “Activate Windows Now”.

Hal tersebut dimaksudkan kamu memiliki dua opsi ketika tulisan tersebut muncul. Pertama, mengganti sistem operasi Windows dengan yang lain, seperti Mac atau Linux, jika merasa tidak cocok.

Kedua, meneruskan pemakaian Windows sebagai sistem operasi kamu dengan membeli lisensi Windows asli jika kamu merasa cocok.

Mendapat Akses ke Semua Fitur

Penggunaan Windows orisinal membolehkan kamu untuk mengakses semua fitur yang terdapat di dalamnya. Namun, fitur-fitur dasar, seperti games dan Microsoft Office, tetap dapat digunakan sekalipun Windows belum diaktivasi.

Penutup

Demikian beberapa tutorial yang dapat kamu lakukan sebagai cara aktivasi Windows 7 secara permanen sudah dijabarkan di atas, jika tidak segera aktivasi segenap gangguan akan dialami saat beroperasi. Maka aktivasilah windows kamu sekarang, Selamat mencoba!

Baca juga:

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *