Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.

Cara Flash Oppo R831K

3 min read

Seperti kebanyakan smartphone Android pada umumnya, HP Oppo R831K juga memiliki berbagai masalah seiring dengan lamanya penggunaan. Tahu kah kalian bagaimana cara flash Oppo R831K dengan mudah?

Permasalahn yang dimassud yaitu pemakaian dengan jangka waktu yang lama, seperti: lupa pola, bootloop, terkena virus/malware menjadi sumber masalah yang tidak dapat dihindarkan.

Jika hal seperti ini terjadi pada HP kalian, biasanya HP Oppo R831K akan mati sendiri, hang logo (bootloop), error wipe data ataupun mengalami kerusakan lainnya.

Jika sudah begini, maka kalian harus mencari solusi agar HP Oppo Neo 3 R831K kalian kembali normal. Dengan cara Flashing merupakan cara yang paling tepat untuk mengembalikan smartphone kalian ke performa semula.

Masalah yang dapat diatasi dengan ini adalah dengan hard reset Oppo, tetapi masalah yang lebih serius seperti mati total hanya bisa diatasi dengan cara flash Oppo R831K milik kalian.

Ketika kalian ingin melakukan flashing, kalian cukup mengikuti panduan lengkap bagaimana cara flash HP Oppo R831K berikut di bawah ini. Tanpa berlama-lama marilah kita bahas!

Cara Flashing HP Oppo R831K Bootloop, Lupa Pola & Matot

Cara Flash Oppo R831K

Sebelum kalian memulai proses flash Oppo R831K dengan PC/laptop, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan terlebih dahulu, yaitu dengan cara mempersiapakan segala sesuatu dimulai dari software, ROM dan driver.

Persiapan Flashing Oppo R831K

  1. Pertama, yang harus kalian lakukan adalah mengisi baterai HP Oppo kalian minimal 70%. Hal ini bertujuan agar smartphone kalian tidak mengalami kegagalan saat proses flashing berlangsung. Apabila baterai HP habis, nantinya kerusakan yang lebih buruk dapat mengancam HP kalian.
  2. Jika HP kalian masih hidup, lakukan backup data ponsel terlebih dahulu.
  3. Silakan kalian dowload Firmware Oppo R831K, ukurannya cukup besar sekitar 570MB dan dilindungi dengan password: oppo1. Maka dari pastikan kalian memiliki kuota untuk mendownloadnya.
  4. Selanjutnya download kembali software SP Flash Tool (pilih yang versi terbaru) dan juga USB Driver MT65xx.
  5. Persiapkan kabel USB yang masih bagus untuk menghubungkan smartphone dari PC atau laptop.
  6. Terakhir laptop dengan spesifikasi yang memadai.

Tata Cara Flash Oppo R831K Melalui PC/Laptop via SP Flash Tool

Cara Flash Oppo R831K
  1. Apabila kalian sudah mengunduh semua software yang kami berikan link nya di atas, maka langkah pertama kalian adalah Mengekstrak File yang berjenis RAR juga termasuk SP Flashtool.
  2. Selanjutnya, kalian tinggal Install Driver USB di PC/komputer.
  3. Sekarang buka folder Flashtool yang sudah kalian ektrak sebelumnya dan klik kanan pada file Flash_Tool.Exe lalu pilih Run As Administrator.
  4. Pada saat SP Flash Tool sedang berjalan, kalian akan melihat macam-macam menu yang ada.
  5. Klik Download Agent lalu klik kanan atas, nantinya akan muncul pop-up jendela di Windows Explorer.
  6. Cari dan temukan folder MTK All in One dan klik Open.
  7. Selanjutnya, tekan tombol tab Scatter-loading dan buka folder firmware pada Oppo R831K yang tadi kalian diunduh.
  8. Kemudian cari file dengan nama ada MT65xx_Android_scatter lalu klik Open.
  9. Kalian akan melihat beberapa baris file pada Flash Tool, di barisan file itu lalu hilangkan tanda centang PRELOADER dan UBOOT. Lakukan hal ini jika smartphone Oppo R831K kalian masih menyala tapi hanya sampai logo (bootloop).
  10. Jika smartphone kalian mati total, maka akan ada centang biru pada semua daftar file.
  11. Setelah pengaturan dalam tahap flash selesai, sekarang klik kalian silakan tekan Download yang ada di tanda ikon panah yang berwarna hijau di pojok kiri atas Flash Tool.

Jika langkah-langkah di atas sudah kalian kerjakan dengan benar, selanjutnya kita fokus pada smartphone Oppo.

  • Sekarang kalian akan beralih pada smartphone, lalu matikan ponsel Oppo R81K kalian.
  • Hubungkan smartphone ke PC sambil menekan tombol Volume atas (plus) hingga muncul notifikasi pemasangan driver terlihat pada layar smartphone.
  • Saat driver berhasil mendeteksi ponsel kalian, akan terlihat bar warna kuning yang menandakan proses flashing sedang berlangsung.
  • Tunggu sampai proses flashing selesai. Jika flashing berhasil, nantinya muncul notifikasi.
  • Selesai, dan sekarang ponsel Oppo R831K kalian sudah berhasil di flash dan sudah bisa kalian gunakan.

Efek Flashing Smartphone Oppo R831K

cara flash oppo r831k

Beberapa hal yang perlu kalian pahami akibat dari flashing yang nantinya terjadi di HP kalian. Tapi, perlu kalian ketahui agar kalian tidak menyesal karena efek yang terjadi akibat melakukan flashing.

Pada dasarnya yang terjadi bukan hanya ketika dilakukan oleh banyak awam, akan tetapi ini juga tetap bisa terjadi bahkan ketika flashing dilakukan oleh orang yang profesional dalam flashing.

Berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi ketika melakukan flashing OPPO R831K namun gagal:

File yang di Smartphone Akan Kehapus

Nantinya semua file yang ada pada memori HP kalian akan hilang jika proses flashing tersebut gagal. Flash ini mirip dengan mengformat, secara keseluruhan file yang hilang akibat flashing ini juga tidak akan dikembalikan lagi.

Semua Aplikasi Akan Hilang

Apabila kalian memiliki banyak aplikasi di HP kalian ini, nantinya semua aplikasi tersebut akan hilang setelah proses flashing. Aplikasi yang masih tertinggal di HP adalah aplikasi yang bawaan dari pabrik HP tersebut.

Data aplikasi yang tersimpan pada Smartphone juga akan hilang, jika tidak di Back-up terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sebaiknya aplikasi yang ingin kalian selamatkan disinkronisasi dengan sistem web terlebih dahulu agar aplikasi tidak mengalami masalah dan nantinya akan dapat dikembalikan seperti semua.

HP Kembali ke Pengaturan Pabrik

Akibat yang nantinya akan ditimbulkan adalah HP menjadi seperti HP baru kembali. Nah, kalian harus memulai semuanya dari awal, dari mulai mengatur jam, kartu sim, walpaper dan menginstall aplikasi yang kalian butuhkan.

Penutup

Demikian tutorial Cara Flash Oppo R831K dengan mudah, serta beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai flashing HP kalian.

Pastikan bahwa kalian sudah Back-up data sebelum melakukan flashing dan mengikuti setiap tata caranya dengan benar. Jangan lupa kalian harus mempersiapkan seluruh komponen yang diperlukan.

Jika kalian merasa terbantu dengan artikel ini, silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar di bawah ini agar website kami semakin lebih baik. Selamat mencoba dan terima kasih!

Baca Juga:

Rate this post
Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.