Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.

Flash Oppo A37F

3 min read

Masalah yang sering di alami oleh pengguna HP Oppo A37f biasanya adalah Lupa Pola, Bootloop, lemot dan hp sering hang sendiri. Untuk mengatasi keerroran itu perlu perbaikan pada software smartphone Oppo A37f. Tahukah kalian Cara Flash Oppo A37F tanpa harus ke reparasi ponsel? Berikut pembahasannya.

Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall di HP kalian, tentu ini akan membuat kenyamanan kalian dalam menggunakan Oppo A37f menjadi terganggu. Salah satu upaya yang dapat kalian lakukan yaitu dengan merefresh dan pengaturan ulang baik berupa pola, pin atau unistall aplikasi.

Jika pada versi lawasnya, cara membuka pola yang lupa dan bottloop sangat mudah hanya dengan mereset ulang ponsel. Tetapi pada saat ini kalian harus melakukan Hard Reset terlebih dahulu untuk mengatasinya. Lantas bagaimana yang harus dilakukan? Caranya adalah dengan melakukan Flash Oppo A37f.

Bagi kalian yang memiliki HP Oppo A37f dan sedang mengalami masalah, kalian berada pada artikel yang tepat. Karena kami akan memberikan tutorial Cara Flash Oppo A37F dengan mudah tanpa ribet. Simak terus ulasan artikel berikut ini gengs!

Mengapa HP Oppo A37F Harus Di Flash?

Flash OPPO A37F

Flashing adalah salah satu cara yang digunakan untuk install firmware pada sebuah Smartphone. Biasanya metode flashing digunakan ketika ingin memperbaiki Smartphone yang sedang mengalami error sistem, seperti:

  • Sering keluar sendiri saat membuka aplikasi.
  • HP sering lemot.
  • HP suka ngehang.
  • Lupa pola dan kata sandi.
  • Bootloop.
  • Mati total (matot).
  • Update ataupun down sistem operasi.

Jika HP Oppo A37f yang kalian gunakan mengalami masalah–masalah yang disebutkan diatas, maka solusi terbaiknya adalah dengan melakukan flash pada HP tersebut. Proses flashing yang bisa kalikan lakukan dirumah dengan mengikuti langkah–langkah yang ada di bawah ini.

Cara Flash Oppo A37F via Flash Tool

Flash OPPO A37F

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk memperbaiki HP Oppo A37F yang lupa pin atau bootloop dan mati total. Selain itu, banyak juga dari tempat service HP yang ada di konter menggunakan metode ini. Sebelum kalian masuk ke proses flashing, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan file di bawah ini terlebih dahulu.

  • Kabel Usb terbaru.
  • Komputer/Laptop dengan OS Windows.
  • Baterai HP Oppo A37F terisi diatas 60%, lebih bagus kalau full 100%.
  • Download file Qualcomm USB Driver.
  • Download firmware Oppo A37F.
  • Msm Download Tool (filenya ada di dalam folder firmware).

Setelah peralatan-peralatan dan file yang sudah kalian gunakan, sekarang tinggal masuk ke tahap flashing. Sebaiknya jangan sampai ada step yang terlewatkan ya guys, agar prosesnya berjalan lancar. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengekstrak semua file yang sudah kalian download sebelumnya.
  2. Install Qualcomm USB Driver pada komputer yang sedang kalian gunakan sekarang.
  3. Lalu matikan terlebih dahulu HP Oppo A37F yang akan di flashing, Jangan lupa keluarkan terlebih daulu kartu SIM dan kartu memori karena jika kalian lupa maka file yang ada bisa terhapus.
  4. Tekan dan tahan tombol volume atas dan bawah sambil hubungkan HP Oppo A37F kalian ke komputer yang sudah di sedeiakan menggunakan kabel Usb.
  5. Jangan lupa periksa kembali Device manager, JIka HP sudah terbaca pada Qualcomm H-s-USB QDloader 9008, sekarang kalian tinggal lepaskan tombolnya.
  6. Buka folder hasil ekstrak dari firmware yang sudah di download tadi, lalu klik kanan pilih ‘Run As Administrator; pada file Msm8x39DownloadTool.exe.
  7. Setelah semuanya terbuka, silakan klik Start.
  8. Sekarang klaian hanya tinggal menunggu, jika sudah selesai dan berhasil maka akan ada tulisan USB Download Complete yang di tandai dengan warna hijau.
  9. Lepaskan kabel Usb dari HP, dan kemudian kalian tekan tombol Power ketika ingin menyalakan HP Oppo A37F kalian.
  10. Selesai.

Proses restart ini biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan waktu HP kalian masih dalam keadaan normal. Jangan panik dan tetap sabar menunggu sampai HP yang baru saja kalian Flashing menyala dan meminta kalian untuk melakukan settingan awal dan proses flashing kalian sudah berhasil 100%.

Cara Flash Oppo A37F via SD Card

Flash OPPO A37F

Jika kalian menganggap bahwa metode di atas cukup rumit atau kalian tidak memiliki komputer untuk melakukan flashing, ada cara lain yang dapat kalian gunakan yaitu flash Oppo A37f melalui Recovery Mode. Metode ini tidak membutuhkan komputer atau laptop, akan tetapi membutuhkan memory card sebagai gantinya.

Caranya adalah kalian menyiapkan SD Card dengan kapasitas minimal 8Gb. Selanjutnya tinggal ikuti panduan flashing berikut di bawah ini:

  1. Siapkan kartu memory SDCard yang memiliki kapasitas minimal 8GB, kalau lebih juga malah lebih baik tetapi pastikan kosong tidak ada isinya.
  2. Download firmware Oppo A37F lalu pindahkan firmware tersebut ke SD Card.
  3. Masukan SDCard ke dalam HP Oppo A37F milik kalian.
  4. Patikan HP Oppo kalian dalam posisi mati, lalu masuklah kalian sudah ke mode Recovery dengan cara tekan Tombol Power dan Tombol Volume Bawah secara bersamaan pada ponsel kalian.
  5. Setelah muncul logo android, kalian tekan Tombol Home sampai muncul tampilan pilih bahasa, pilih bahasa Inggris (English) untuk mempermudah proses.
  6. Kemudian silakan kalian pilih opsi Wipe Data and Cache, selanjutnya pilih opsi Install From Storage Device lalu pilih opsi From SD.
  7. Kemudian arahkan ke file firmware pada Oppo A37F, klik OK dengan Tombol Power.
  8. Tunggu sampai proses flashing selesai dan berhasil.
  9. Setelah selesai, silakan pilih Reboot, HP Oppo A37F kalian akan restart, namun prosesnya akan sedikit memakan waktu lebih lama.
  10. Setelah menyala kalian diminta untuk melakukan settingan awal, seperti memilih bahasa, memasukkan email dan yang lainnya seperti membeli hp baru.
  11. Selesai.

Peringatan Pada Saat Flash Oppo A37F

Flash OPPO A37F

Ketika kalian melakukan proses flashing, tentunya data yang pernah ada pada HP kalian ini akan hilang seperti: Foto, Video, Sms, Kontak juga akan terhapus. Aplikasi pihak ketiga yang kalian miliki sebelumnya, seperti: Whatsapp, Facebook, Messenger juga akan kehapus secara otomatis. Semua akan kembali ke setelan HP baru.

Untuk itu jika ponsel Oppo A37f kalian masih bisa diakses, kami sangat menyarankan untuk backup terlebih dahulu untuk file yang pernah kalian simpan dan anggap penting, agar nantinya setelah selesai proses flashing kalian bisa mengembalikan file tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai cara Flash Oppo A37F. Kalian dapat memilih diantara kedua cara di atas mana yang menurut kalian paling mudah kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua dan terimakasih.

Baca Juga :

Rate this post
Taqi Nofriansyah Seorang penulis konten yang suka berbagi tutorial seputar teknologi game, aplikasi dan komputer.

Cara Flash Asus Z008D

Dwi Gita
2 min read

Cara Flash ASUS Z00AD

Dwi Gita
2 min read

Cara Membuat 2 Akun WA

Dwi Gita
2 min read