Agung Sandora Seorang pengantar kopi bergelang merah putih yang senang berbagi pengalaman seputar teknologi digital.

Cara Cek Garansi Xiaomi

2 min read

Smartphone Xiaomi sudah menjadi merk terkenal di Indonesia dan berada di nomor tiga sebagai merek smartphone terlaris di dunia. Namun terdapat dua jenis garansi Xiaomi yang dikeluarkan di Indonesia, yaitu garansi resmi TAM dan distributor. Lalu bagaimana cara untuk cek garansi Xiaomi?

Tidak semua HP Xiaomi yang dijual di Indonesia merupakan produk resmi. Banyak penjual distributor yang membelinya langsung dari China, sehingga pembeli tidak mendapat garansi resmi dari Xiaomi Indonesia.

Perbedaan antara garansi resmi smartphone Xiaomi dengan garansi distributor terletak pada cara klaim garansi. Jika kalian membelinya melalui distributor kalian tidak dapat mengklaim garansi dari pusat layanan resmi Xiaomi. Untuk itu sebaiknya beli smartphone Xiaomi yang bergaransi resmi Indonesia.

Jadi pertanyaannya, bagaimana cara agar kita dapat mengetahui garansi Xiomi resmi atau distributor? Untuk informasi lebih lanjut, Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Resmi

Masalah garansi dalam pembelian smartphone merupakan suatu hal yang penting, karena dari hal ini kalian dapat mengecek apakah HP Xiaomi tersebut resmi atau tidak.

Hal ini sebenarnya ada dua cara, yaitu mengecek melalui dusbook atau via IMEI.

1. Cek di Bagian Dusbook

Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Hal yang paling mudah dilakukan adalah melihat garansi yang tersedia di bagian dusbook. Kalau HP tersebut resmi pasti akan ada logo TAM di bagian dusbook. TAM merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia dengan nama PT Telematika Artha Mandiri.

Namun, jika kalian membeli smatphone Xiaomi yang bekas bisa jadi dusbook yang digunakan merupakan barang palsu. Agar memastikan keasliannya, kalian bisa membandingkan nomor IMEI yang ada di dusbook dengan yang ada di smartphone.

Garansi TAM pada smartphone Xiaomi yang beredar di Indonesia juga tersedia dengan garansi Platinum atau Bless. Namun untuk proses klaim garansinya lumayan lama Jika Anda mengalami masalah garansi, Anda perlu menghubungi Bless dan Platinum, yang proses perbaikannya akan lebih rumit dan lama.

2. Cek Via IMEI

Cek Nomor IMEI xiaomi

Untuk cara yang selanjutnya bisa menggunakan via IMEI pada smartphone. Kalian bisa menggunakan cara ini melalui menu panggilan telepon. Berikut ini langkahnya.

Cara cek garansi Xiaomi online:

  1. Langkah pertama buka menu panggilan telepon pada smartphone Xiomi kalian dengan memasukan kode *#06#.
  2. Setelah itu akan muncul secara otomatis nomor IMEI smartphone kalian lalu catat nomor tersebut.
  3. Selanjutnya membuka halaman registrasi produk Xiaomi yaitu https://buy.mi.co.id/id/registration melalui browser apapun.
  4. Kemudian masukkan kode IMEI Xiaomi di kolom “Enter IMEI number” lalu klik langkaHselanjutnya.
  5. Informasi garansi smartphone Xiaomi akan ditampilkan pada bagian atas yang menunjukan resmi atau tidaknya.

Jadi cara cek garansi Xiaomi online yaitu dengan membuka situs registrasi produk resmi Xiaomi dan memasukan nomor IMEI di kolom yang tersedia, kemudian klik langkah selanjutnya untuk memunculkan informasi.

Untuk mengetahui apakah garansi resmi atau distributor dapat ditemukan di informasi tentang negara pembelian. Jika bertuliskan negara Indonesia, maka bisa dipastikan itu adalah smartphone resmi Xiaomi. Namun, jika tertulis negara Cina atau Malaysia dapat dikatakan bahwa itu adalah smartphone Xiaomi tidak resmi.

Jika kalian ingin mengetahui apakah masa garansi masih berlaku, kalian dapat memeriksanya di bagian Production time dan Activation time. Jika waktu aktivasi kurang dari 1 tahun garansi tersebut masih berlaku, karena Xiaomi memberikan garansi hanya dengan waktu 1 tahun untuk setiap jenis model smartphone yang dikeluarkan secara resmi.

Akhir Kata

Selain mengecek IMEI Xiaomi dengan cara di atas, kalian juga bisa mencoba cara lain dengan masuk ke menu Setting dan memilih “About Phone” kemudian pilih informasi IMEI.

Demikianlah penjelasan kami tentang bagaimana cara mengecek garansi Xiaomi resmi atau distributor dengan mudah dan cepat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk yang membacaanya.

Baca juga:

Rate this post
Agung Sandora Seorang pengantar kopi bergelang merah putih yang senang berbagi pengalaman seputar teknologi digital.