Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.

Teks Cerita Fantasi

3 min read

Teks cerita fantasi merupakan sebuah karangan yang di dalamnya berisi kisah penuh khayalan dan imajinasi sehingga melebihi realita. Selain itu isi dalam teks tersebut menceritakan kisah yang penuh fantasi, penasaran kan guys?

Yang perlu kamu ketahui dalam sebuah cerita fantasi, kalau sesuatu yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata, itu dapat terjadi. Bahkan itu bisa sangat tidak masuk akal, tergantung pada kepercayaan masing-masing.

Biasanya pengarang cerita ini, menggunakan khayalannya untuk di jadiakan sebuah cerita. Satu tujuan dari pengarang cerita yaitu membuat terhibur para pembacanya.

Untuk itu buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Teks Cerita Fantasi ini, bisa mengikuti pembahasan kami sampai habis. Karena kami akan membahas nya secara lengkap, yuk kita bahas!

Pengertian Teks Cerita Fantasi Menurut Para Ahli

Teks Cerita Fantasi

Huck, dkk.

  • Teks cerita fantasi adalah cerita yang kaya akan makna. Pengarang tidak hanya menonjolkan kisah yang hebat melainkan juga pesan yang berguna bagi kehidupan.

Lloyd Alexander

  • Teks cerita fantasi dimaknai sebagai sebuah cerita yang dibangun berdasarkan unsur kemustahilan. Dikatakan mustahil karena tidak sesuai dengan realita kehidupan.

Nurgiyantoro

  • Teks cerita fantasi adalah karangan yang memiliki tema, tokoh, latar, dan plot dengan kebenaran yang diragukan baik dalam sebagian maupun keseluruhan cerita.

Ciri Teks Cerita Fantasi

Perlu kamu ketahui, bahwa ada beberapa ciri khas yang membedakan sebuah teks narasi dan teks cerita fantasi. Berikut ciri-ciri teks fantasi yang bisa kamu ketahui:

  • Mempunyai ide cerita yang bersifat fiksi atau bisa di bilang tidak dibatasi oleh realita atau kenyataan dunia.
  • Biasanya mengandung tema magic (sihir), supernatural atau futuristik.
  • Ide cerita terbuka terhadap daya khayal pengarang cerita dan tidak dibatasi oleh realita atau kehidupan nyata.
  • Kemudian di dalam cerita fantasi pada umumnya terdapat berbagai keanehan seperti sihir, makhluk super, maupun sesuatu yang misterius.
  • Untuk penggunaan latar dapat menembus ruang dan waktu.
  • Lalu di dalamnya ada tokoh yang mempunyai keunikan tersendiri, seperti mempunyai kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fantasi

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah mengenai Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fantasi, berikut beberapa Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fantasi:

  • Isi cerita cerita fantasi memakai sudut padangan penokohan, seperti: saya, aku, mereka, kami, dan nama orang.
  • Teks cerita fantasi memakai kata sifat dan hasil pengamatan panca indra untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah tokoh, latar, dan konflik yang ada.
  • Isi cerita fantasi memakai kata metafora (kiasan) dan personafikasi (perumpamaan).
  • Teks cerita fantasi memakai kata penghubung (konjungsi) penanda untuk urutan waktu seperti pada isi narasi.
  • Isi cerita fantasi memakai ungkapan atau kalimat langsung untuk menambah sebuah rasa dalam isi cerita.

Jenis Cerita Fantasi

Teks Cerita Fantasi

Untuk jenis cerita fantasi terbagi menjadi dua kategori, yaitu berdasarkan kesesuaiannya dengan kehidupan nyata dan berdasarkan latar cerita.

Fantasi Berdasarkan Kesesuaiannya dalam Kehidupan

  • Cerita fantasi total

Pada cerita kategori fantasi total seluruh cerita tidak terjadi di kehidupan nyata. Seluruhnya berdasarkan imajinasi pengarang itu sendiri.

  • Cerita fantasi irisan

Untuk kategori fantasi irisian ini pengarang menggunakan sebagian cerita nya dari kehidupan nyata. Contoh menggunakan nama, atau suatu tempat yang memang ada.

Fantasi Berdasarkan Latar Cerita

  • Latar waktu sezaman

Ini artinya latar yang di gunakan pada suatu cerita menggunakan satu masa. Contohnya:fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang.

  • Latar lintas waktu

Kalau yang ini sebuah cerita fantasi nya mengandung dua latar belakang waktu yang tidak sama. Contohnya : masa kini dengan zaman prasejarah, masa kini dan 20 tahun yang akan datang.

Struktur Teks Cerita Fantasi

Untuk struktur pada cerita fantasi, terbilang sama dengan teks narasi pada umumnya. Berikut struktur nya:

  • Orientasi

Pada bagian yang satu ini dapat di gunakan untuk menata berbagai adegan dan menjelaskan hubungan antar tokoh. Selain itu akan memperkenalkan latar, tokoh, dan kisah baik dari segi waktu, tempat maupun peristiwa.

  • Komplikasi

Pada bagian ini konflik akan mulai datang. Konflik merupakan pertentangan bagi tokoh utama dan tokoh lainnya. Komplikasi menjelaskan bagaimana sebab-akibat konflik yang terjadi antartokoh tersebut.

  • Resolusi atau penyelesaian masalah

Untuk bagian ini merupakan penyelesaian dari berbagai konflik yang sudah terjadi. Resolusi juga bisa menjadi pernyataan akhir terhadap kondisi yang dialami pada tokoh utamanya.

Contoh Teks Cerita Fantasi

Teks Cerita Fantasi

Aldi dengan alien yang lucu

Orientasi

Malam itu, entah kenapa tak seperti biasanya, Aldi belum bisa tidur. Ia sudah cukup lama mencoba memejamkan matanya namun tak kunjung tidur juga.

Ia kemudian memutuskan untuk membuka jendela kamarnya, berharap angin sepoi-sepoi dapat membuatnya mengantuk.Namun tak lama setelah ia membuka jendelanya, tiba-tiba cahaya terang tampak mendekat dari kejauhan.

Aldi pun lantas kembali menghampiri jendela kamarnya. Cahaya itu terus mendekat dan mulai membuat aldi kesilauan dan menutup mata dengan sebelah tangannya.

Komplikasi

Tiba-tiba seorang alien yang berukuran kecil datang. Perutnya buncit, tubuhnya berwarna hijau dan bibirnya berwarna kuning muda. Matanya biru terang.

Alien berkepala kotak itu tiba-tiba mengeluarkan cahaya merah dari tangannya yang menghangatkan tubuh aldi.“Halo, k-k-kamu siapa?” Tanya Aldi sedikit ketakutan.

Alien itu kemudian menjawabnya dengan bahasa yang tidak dipahami oleh aldi bahkan manusia lainnya! “grtys wlaos dradk, jfhtyur jfhfyt re nhetr?”. “Maaf, aku nggak paham apa yang kamu katakan” balas aldi.

Seketika alien itu pun tampak memahami apa yang terjadi, lalu memutar-mutar kupingnya yang berbentuk seperti antena seakan menyesuaikan sesuatu, seperti kita menyesuaikan frekuensi radio.

Kemudian ia berkata dengan bahasa manusia “Aku tidak bisa tidur, di planetku mataharinya ada lima, jadi sangat terang, boleh aku ikut tidur di sini?”.

Resolusi

Meskipun sedikit ragu, aldi memperbolehkannya. Tak butuh waktu lama, Alien itu pun lekas berbaring di lantai karpet kamar aldi. “Maaf, kamu boleh memakai kasurku kok, tidak usah di lantai”.

Namun aldi terlambat, karena Alien itu sudah terlelap tidur, ia mendengkur seperti burung.Setelah itu, selang beberapa detik saja, alien itu terbangun lagi. “Terima kasih, tidurku lelap sekali tadi” alien itu berkata sambil menahan menguap.

“Lho, kamu kan baru tidur beberapa detik saja?” jawab aldi. “Oh, iya, makhluk dari planetku hanya membutuhkan tidur 10 sampai 20 detik saja dalam 1000 tahun”.

Penutup

Demikianlah pembahasan kami seputar Teks Cerita Fantasi, semoga artikel yang sudah Hindsband.com buat ini agar dapat menambah wawasan kamu. Kamu juga bisa membagikan informasi ini kepada teman atau keluarga, siapa tau ada diantara mereka yang mebutuhkan informasi ini.

Jangan lupa ikuti terus update artikel terbaru dari kami setiap harinya, karena kami akan memberikan informasi dan teknologi terbaru kepada kamu semua. Sampai bertemu lagi guys!

Baca Juga :

Rate this post
Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *