Komputer

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Apakah pada saat ini flashdisk kalian sedang mengalami masalah Write Protected? hal ini adalah sebuah kondisi dimana flashdisk yang kita miliki terkunci, sehingga para penggunanya tidak dapat memformat atau menambah data. Oleh karena itu kalian perlu mengetahui cara mengatasi Flashdisk Write Protected berikut ini.

Ada banyak penyebab dari permasalahan Write Protected. Diantaranya dapat terjadi karena beberapa faktor dan hal-hal di antaranya adalah ketika kalian memakainya asal cabut flashdisk dari komputer, terkena virus, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memperbaiki permasalahan ini? Kalian dapat melakukan metode diantaranya menggunakan Command Prompt atau CMD, Regedit, atau bantuan aplikasi pihak ketiga.

Disini kami akan memberikan cara yang paling sederhana untuk memperbaiki flashdisk write protected dengan menggunakan perintah dalam Command Prompt. Karena cara ini termasuk cara yang paling mudah, karena setiap komputer bersistem memiliki operasi Windows defaultnya.

Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan CMD

cara mengatasi flashdisk write protected

Ketika kita menggunakan CMD, akan sangat berguna untuk menangani permasalahan flashdisk kalian yang tidak terbaca.

CMD hadir untuk mengatasi flashdisk yang sedang write protectedKalian tidak perlu bantuan professional untuk melakukannya, karena kami yakin kalian juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara mengatasi flashdisk write protected dengan aplikasi:

  1. Buka laptop kalian lalu ke menu Windows dan langsung search atau ketikan “CMD” (tanpa kutip). Setelah itu, Windows akan langsung menampilkan jendela command prompt.
  2. Berikutnya, kalian hanya perlu mengetikan diskpart dan langsung klik enter. Secara otomatis akan langsung muncul jendela pemberitahuan dengan pilihan yes atau no. Nah, di sini kalian juga bisa langsung klik Yes.
  3. Kemudian, kalian akan dihadapkan oleh jendela baru, maka dari itu selanjutnya adalah ketikan list disk dan langsung klik enter lagi.
  4. Kini kalian akan melihat beberapa disk yang terbaca di laptop / PC klaian. Lalu pilihlah mana nama flashdisk yang mengalami permasalahan write protected.
  5. Langkah berikutnya bisa ketikan attribute disk clear readonlyJika sudah, maka bisa langsung enter.
  6. Selanjutnya kalian ketikan lagi clean untuk menghapus dan membersihkan semua data di flashdisk. Lalu, klik enter lagi.
  7. Setelah semua data dibersihkan, maka selanjutnya kalian akan mengetikan create partition primary. Seperti langkah sebelumnya, kalian langsung klik enter.
  8. Di langkah terakhir, ketikan format fs=fat32 dan seperti biasa, kalian langsung klik enter.
  9. Selesai

Kini flashdisk kalian sudah dapat digunakan secara normal kembali tanpa ada permasalahan write protected. Klaian bisa langsung klik tanda “x” di bagian pojok kanan atas pada jendela CMD, lalu keluar, sangat mudah, bukan.

Mengatasi Flashdisk Write Protected Di Windows 10

Ketika kalian sudah menggunakan cara mengatasi flashdisk write protected dengan menggunakan CMD tapi mengalami kegagal dan justru tidak memberikan efek apapun.

Kalian jangan khawatir, karena kami akan memberkan solusi lainnya untuk cara menggunakan Registry Editor di windows 7, 8 dan 10. Tak perlu menggunakan aplikasi, kalian cukup ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara mengatasi flashdisk write protected pada windows:

  1. Langkah pertama, buka jendela Regedit (Registry Editor) dengan cara mengetikan Windows + R.
  2. Jika sudah masuk pada menu, lanjutkan dengan cara mengetikan regedit pada menu searc kemudian klik enter pada keyboard pada laptop.
  3. Lalu, kalian dapat melanjutkannya dengan cara mencari dan mengklik bagian HKEY_LOCAL_MACHINE. Langkah berikutnya, klik bagian System.
  4. Pada bagian system, silakan cari dan klik di bagian menu Controldan lanjutkan dengan masuk ke StorageDevicePolicies. cari opsi writeprotect.
  5. Klik kanan dan pilihlah Modif, disini, kalian harus mengubah value dengan angka 0, lanjutkan dengan mengklik OK.
  6. Langkah terakhir, kalian dapat langsung cabut flashdisk dari port USB, lalu pasang lagi dan langsung format saja flashdisk tersebut.
  7. Sekarang flashdisk kalian sudah dapat dioperasikan lagi dengan normal tanpa masalah.

Mengatasi Flashdisk Write Protected Menggunakan Software

Selain kedua cara yang telah kami berikan tadi, ada lagi cara yang lebih simpel akan tetapi kalian diharuskan menginstall software terlebih dahulu.

Memang menggunakan software akan lebih memudahkan kalian. Namun kalian harus mendownloadnya terlebih dahulu, berikut ini software yang digunakan untuk mengatasi flashdisk write protected:

Menggunakan Low Level Format

Low Level Format adalah salah satu software yang sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki flashdisk yang mengalami ke-error-an write protected. Software ini dapat digunakan secara gratis, dan cocok untuk komputer atau laptop dengan sistem operasi windows.

Langkah cara mengatasi USB flashdisk write protected dengan software:

  1. Pertama download terlebih dahulu software nya .
  2. Kemudian instal dan buka low level format tersebut.
  3. Pilih disk dari flashdisk kalian untuk diformat (pastikan dengan benar agar tidak terjadi salah format pada flasdisk kalian).
  4. Lalu klik tombol Format This Device.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Menggunakan USB Write Protect

Disini kami akan memberikan trik memperbaiki Flashdisk menggunakan Software. maka daripada itu silakan kaliandownload terlebih dahulu softwarenya.

  1. Langkah pertama, silakan kalian colokkan Flashdisk yang bermasalah ke USB komputer/laptop.
  2. Kalian tidak perlu mengisntall software USB Write Protect ke komputer, namun cukup dengan hanya melakukan klik kanan pada software lalu klik pilih Run as administrator.
  3. Perhatikan pada USB Device Write Protection (yang diberi kotak merah). Disana akan terlihat jelas kalau status proteksinya (Write Protection Status) Enabled.
  4. Nonaktifkan status proteksi aktif tersebut menjadi Disabled. Caranya silakan kalian klik pilih Disable (sebelah kanan) hingga tombol tersebut berubah menjadi Enable.
  5. Sekarang status proteksi sudah menjadi Disabled artinya Flashdisk sudah tidak diproteksi lagi. Silakan keluarkan (close) software USB Write Protect.
  6. Lakukan Eject Flashdisk dari USB komputer atau laptop kemudian colokkan lagi ke USB. Jika masih ada kesalahan, kemungkinan besar kerusakannya terletak pada perangkat hardware Flashdisknya.

Akhir Kata

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai cara mengatasi flashdisk write protected. Kalian dapat memilih metode dan langkah-langkah mana yang menurut kalian paling mudah digunakan.

Akhir kata, jangan lewatkan setiap informasi dan updatetan terbaru setiap harinya dari kami. Kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk kalian para pembaca setia. Terimakasih.

Baca Juga :

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *