Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.

Cara Aktivasi Office 2013

3 min read

Untuk melakukan aktivasi pada Microsoft Ofice 2013 di windows 10 kamu harus memiliki semua tools yang berfungsi untuk membantu prosesnya, sehingga dapat bekerja dengan baik seperti tools CMD, KMSpico dan KMSauto.

Salah satu kasus yang kerap terjadi, jika kamu belum mengaktifkan Microsoft Office 2013 kamu tidak dapat melakukan proses edit pada dokumen yang sudah kamu simpan sebelumnya.

Selain itu, pop up yang menunjukkan untuk segera melakukan aktivasi Microsoft Office pun akan terus muncul sehingga hal tersebut dapat mengganggu aktivitas kamu.

Oleh sebab itu perlu sekali untuk melakukan aktivasi agar kamu dapat melakukan pekerjaan dengan dengan Word, Excel, PowerPoint, dan lain sebagainya dengan nyaman dan tanpa gangguan.

Mengenal Microsoft Office

Microsoft adalah salah satu software yang wajib ada di komputer / laptop kamu. Sejak diperkenalkan oleh Bill gates Microsoft Office menjadi alat kehidupan yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Mulai dari aplikasi office untuk pengolah kata, angka, dan persentasi.

Dimana software ini di dalamnya terdapat Word, Excel, PowerPoint dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu Microsoft Office semakin berkembang dan menjadi aplikasi atau software populer.

Bagaimana tidak, hampir semua pengguna komputer dan laptop sebagian besar menggunakan Microsoft Office, termasuk Indonesia selalu ada di setiap perkantoran.

Pada awalnya Microsoft Office dirancang hanya untuk tiga software, yakni  Word, Excel, PowerPoint. Word digunakan untuk pengelolahan kata seperti membuat atau mengedit dokumen.

Untuk Excel digunakan untuk pengelolahan angka seperti perhitungan aritmatika sedangkan PowerPoint yang digunakan untuk membuat presentasi.

Ketiga software tersebut, awalnya dijual dengan dibungkus dalam CD-ROM dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Inilah versi awal Microsoft Office versi 3.0 dirilis pada bulan agustus 1992.

Nah untuk versi Microsoft Office 2013, di Indonesia paling banyak digunakan terutama untuk tempat perkantoran dan lain sebagianya. Maka dari itu penting sekalin mengetahui cara aktivasi Office 2013 secara permanen dengan mudah.

Cara Aktivasi Office 2013 Permanen

cara aktivasi office 2013

Setelah kamu melakukan instalasi Microsoft Office 2013, maka langkah berikutnya ialah kamu harus segera mengaktivasinya. Aktivasi ini bertujuan agar kamu bisa menikmati fitur dan tool-tool yang terdapat di Microsoft Office 2013 secara maksimal.

Sayang bukan, jika kamu sudah melakukan instalasi Microsoft Office 2013, akan tetapi belum melakukan aktivasinya, sebab kamu tidak bisa menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal.

Bukan hanya itu, dengan melakukan aktivasi ini kamu nggak akan lagi mendapat notifikasi warning berulang-ulang yang berisi peringatan untuk segera mengaktivasinya.

Namun, bagi kebanyakan orang, mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membeli product key Microsoft Office 2013 maka dari itu mereka memilih jalan alternatif, yakni menggunakan bantuan activator.

Namun, jika kamu adalah seseorang yang belum memiliki pemasukan mandiri seperti mahasiswa atau pelajar, menurut kami itu bukanlah masalah. Baik, Langsung saja berikut ini cara aktivasi Microsoft Office 2013 dengan mudah:

Aktivasi Office 2013 dengan Aktivator

Cara Aktivasi Micrososft Office 2013
  1. Langkah pertama, matikan antivirus yang ada di laptop kamu.
  2. Lalu download tool aktivator Office 2013 di link ini.
  3. Setelah itu ekstrak filenya dengan cara klik kanan file danpilih Extract Here. Jika dimintai password, masukkan: 000000
  4. Selanjutnya masuk ke folder /ToolsW10/AAct3.9.5 Portable kemudian klik 2X AAct_x64. Jika yang versi 64bit tidak work, silakan dicoba yang AAct.
  5. Kemudian pilih More info dan pilih Run Anyway.
  6. Setelah tool terbuka, selanjutnya kamu pilih Office Activation.
  7. Tunggu sampai proses aktivasi selesai dan muncul tulisan “Product activation successful“.

Jika kamu cek lagi di menu File > Account, maka akan muncul Product Activated yang menandakan Microsoft Office 2013 sudah berhasil diaktivasi dan kamu sudah bisa menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal.

Aktivasi Office 2013 dengan KMSPico

cara aktivasi office 2013 dengan kmspico

KMS Pico merupakan aplikasi aktivator yang 100% gratis dan legal. Layanan aktivator yang satu ini sangat populer karena kemampuannya dalam mengaktivasi office 2013 secara permanen, tanpa memerlukan product key, dan bisa digunakan secara offline.

Cara aktivasi Office 2013 dengan KMSPico:

  1. Pertama, pastikan kamu mendownload aktivator office 2013 disini.
  2. Setelah file berhasil terunduh, ekstrak file RAR dan pilih lokasi yang kamu inginkan.
  3. Jalankan KMSPico.exe dengan Run as administrator.
  4. Kemudian cukup tunggu proses aktivasi hingga selesai.
  5. Microsoft Office 2013 sudah berhasil teraktivasi.

Selanjutnya, proses aktivasi office 2013 dengan KMS Pico akan berlangsung secara otomatis. Silahkan tunggu hingga proses aktivasi selesai, salah satu tanda yang menunjukkan bahwa proses telah selesai dilakukan adalah munculnya notifikai suara yang berbunyi “complete“.

Aktivasi Office 2013 dengan KMSAuto

Nah, selanjutnya yaitu cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk melakukan aktivasi Microsoft office 2013 adalah dengan menggunakan software KMS Office 2019. Software ini merupakan salah satu KMS Aktivator yang dapat digunakan untuk aktivasi Office 2013 hingga Office 2019.

Cara aktivasi office 2013 tanpa product key:

  1. Langkah pertama, pastikan kamu mendownload aktivator office 2013 dengan mengunjungi link ini untuk mendapatkannya.
  2. Selanjutnya ekstrak file yang sudah didownload, dan pilih lokasi penyimpanan yang kamu inginkan.
  3. Kemudian jalankan file OInstall.exe dengan klik kanan pilih Run Administrator.
  4. Setelah terbuka, masuk kedalam menu Utilities.
  5. Setelah itu centang kotak Office reactivation task.
  6. Klik tombol Office RETAIL => VL lalu tunggu sampai muncul pesan “Aktivation Completed
  7. Kemudian langkah terakhir, klik tombol Activate Office.

Aktivasi Office 2013 dengan CMD

Jika ingin mengaktifkan tanpa bantuan software, kamu bisa menggunakan command prompt atau CMD. Berikut ini menjelaskan cara menggunakan perintah Format CMD.

Cara mengaktifkan Office 2013 tanpa aplikasi.

  1. Pertama jalankan program Notepad di laptop kamu.
  2. Lalu salin semua skrip yang ada di sini lalu tempel ke Notepad.
  3. Setelah itu simpan file menggunakan opsi Save As dengan memasukkan nama file activity.cmd.
  4. Kemudian buka CMD dengan mengklik kanan Run as administrator.
  5. Jendela CMD ditampilkan dan tunggu hingga pesan Aktivasi Produk Berhasil muncul.
  6. Selesai.

Fitur Microsoft Office 2013

  1. Quick Access Toolbar : Kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk perintah umum. Bisa ditambah maupun dikurangi, namun secara default terdiri dari Save, Undo, dan Redo.
  2. Ribbon : Berisi kumpulan tab yang sudah disusun berdasarkan kategori tertentu, misalnya Home, Insert, Design. Pada masing-masing tab berisi beberapa kelompok perintah, misalnya Font, Paragraph, Styles
  3. Title : Menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka.
  4. Help : Bantuan yang dapat digunakan pengguna terkait Ms. Word 2013.
  5. Ribbon Display Options : Pilihan untuk mengatur tampilan Ribbon
  6. Minimize : Digunakan untuk meminimalkan tampilan dokumen.
  7. Restore down/ Maximize Restore down : digunakan mengembalikan tampilan dokumen dari full screen. Maximize digunakan untuk mengembalikan tampilan dokumen ke full screen.
  8. Close : Menutup dokumen.
  9. Account Access : Digunakan untuk masuk ke akun Microsoft.
  10. Ruler : Berada di bagian atas dan di bagian kiri yang berfungsi untuk membuat lebih mudah dalam menyesuikan dokumen secara presisi.
  11. Scroll Bar : Berada di bagian bawah dan bagian kanan yang berfungsi untuk menggeser tampilan ke atas bawah atau kanan kiri.
  12. Page Number in Document : Menunjukkan halaman yang sedang diakses dari keseluruhan halaman.
  13. Word count : Menunjukkan jumlah kata yang ditulis dalam dokumen.

Penutup

Itulah panduan cara aktivasi Microsoft Office 2013 Professional Plus secara permanen dengan mudah untuk pemula lengkap dengan gambar disetiap langkah-langkahnya.

Jika kamu mempunyai cukup uang untuk membeli product key original, maka silakan membelinya. Jika kamu pelajar yang tentu saja tidak mempunyai cukup uang namun ingin menggunakan Microsoft Office 2013 untuk belajar dan mengerjakan tugas, maka sementara bisa menggunakan tutorial diatas.

Baca juga:

Dwi Gita Wanita yang menyukai dunia blogging dan aktif menulis tentang seputaran teknologi game dan aplikasi.