Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan

Aplikasi penilaian kinerja karyawan adalah salah satu sistem yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis. Sebab, evaluasi dan kontrol kinerja karyawan yang terperinci dan sistematis merupakan salah satu kunci perusahaan bisa mencapai kesuksesan yang mereka inginkan.

Di sisi lain, tanggung jawab HR yang mencakup berbagai fungsi strategis dalam perusahaan membuatnya membutuhkan support system yang lebih baik. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi penilaian kinerja.

Selain berfungsi untuk memonitoring kinerja perusahaan, memiliki aplikasi penilaian kinerja karyawan juga dapat membantu tim HR dalam melakukan perencanaan pembelajaran dan pengembangan bagi setiap karyawan di perusahaan.

Karena begitu penting, maka dalam kesempatan ini, Admin akan membahas mengenai 5 fitur wajib yang harus ada di dalam sebuah aplikasi penilaian kinerja karyawan. Mari simak selengkapnya di sini.

5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan

Terhubung dengan HRIS

Seperti yang kita ketahui, tugas dan tanggung jawab HR sangatlah banyak, karena berhubungan dengan pengelolaan SDM di perusahaan. Dengan memiliki aplikasi penilaian kinerja yang terintegrasi dengan HRIS, tentu hal ini akan meringankan beban dan tugas yang dimiliki HR hanya dengan satu aplikasi saja.

Aplikasi penilaian kinerja karyawan tentu saja harus berhubungan dengan data karyawan, absensi, hingga pembayaran tunjangan yang terkait dengan kinerja. Jika tidak terintegrasi dengan HRIS, maka data-data akan tersebar di berbagai aplikasi yang akhirnya membuat performa HR tidak efisien.

Memiliki Metrik Penilaian yang Mumpuni

Fitur yang kedua yaitu memiliki metrik penilaian yang jelas dan mumpuni. Aplikasi penilaian kinerja karyawan sudah seharusnya memiliki metrik penilaian yang mumpuni. Dengan memiliki ukuran kesuksesan yang jelas, maka akan memudahkan pemberi nilai atau asesor dalam menilai keterampilan yang dimiliki karyawan.

Sebab, jika aplikasi penilaian terbilang rumit, maka hal ini dapat menimbulkan masalah baru ke depannya. Bukan tidak mungkin, hal tersebut dapat mengakibatkan konflik pada internal perusahaan.

Mampu Mengotomatisasi Proses

Fitur selanjutnya yaitu mampu mengotomatisasi proses-proses yang dibutuhkan. Karena esensi utama menggunakan aplikasi tentu saja untuk memudahkan pekerjaan dan proses yang dilakukan.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya aplikasi penilaian kinerja karyawan yang akan Anda gunakan, mampu mengotomatisasi proses tersebut dengan cepat dan akurat tentunya.

Mudah Digunakan dan Tampilan Friendly

Fitur yang tidak kalah penting lainnya yaitu harus mudah digunakan dan diakses oleh penggunanya. Apa jadinya jika aplikasi yang Anda gunakan powerful dan memiliki banyak keunggulan, tetapi sulit untuk dipahami dan dioperasikan? Tentu ini hanya akan merugikan Anda, bukan?

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki fitur yang dapat menunjang pengguna dalam menggunakannya, seperti bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus, atau dapat digunakan secara online maupun offline, dan sejenisnya.

Monitoring Proyek atau Tugas

Fitur terakhir yang harus ada di dalam sebuah aplikasi penilaian kinerja karyawan yaitu memiliki fitur untuk melakukan monitoring dan juga update pada tugas karyawan.

Dengan adanya fitur ini, proses koordinasi antar karyawan akan semakin mudah. Sehingga, setiap karyawan dan juga unit kerja yang ada di perusahaan dapat lebih mudah dalam mencapai tujuannya.

Dilansir Dari: intibioslab.id

Itulah pembahasan mengenai 5 fitur wajib yang harus ada pada aplikasi penilaian kinerja karyawan. Pastikan Anda memilih performance management system yang dapat menunjang kebutuhan karyawan dan juga perusahaan. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih sistem yang tepat dan optimal.