Ukuran Header Youtube

Ketika kalian ingin menjadi seorang Youtuber atau ingin mengupload video di Youtube channel, ada banyak hal yang perlu kalian perhatikan. Salah satu nya, memperhatikan Ukuran Header Youtube.

Tidak hanya konten video saja yang harus menarik, header channel juga harus kalian buat semenarik mungkin. Salah satunya dengan ukuran headernya yang harus sesuai dengan ukuran Youtube.

Memperhatikan header agar tidak ada bagian gambar yang terpotong, jika terpotong akan mengubah tampilan awal YT membuat video yang kalian uploud di Youtube menjadi kurang menarik lagi.

Untuk itu, kami akan dibahas mengenai ukuran header atau sampul channel Youtube pada umumnya. Selain itu, kami juga akan memberikan tutorial lengkap. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Apa Itu Header YouTube?

Ukuran Header Youtube

Para konter kreator Youtuber yang sudah lama berkecimpung di dunia YouTube tentu sudah tidak asing dengan yang header. Akan tetapi sebagian kreator pemula masih asing dengan istilah ini.

Header adalah gambar yang biasanya ditemui pada bagian atas halaman channel YouTube. Fungsi dari header adalah untuk memberikan informasi kepada para penonton mengenai channel tersebut.

Selain itu, header bisa menjadi sebuah identitas atau ciri khas saat menciptakan nuansa yang khas dan unik pada channel YouTube kalian.

Biasanya header yang ditampilkan Youtube berbeda-beda, tergantung dari jenis perangkat yang digunakan pengguna oleh seorang youtuber.

Misalnya saja pada tampilan awal, header di smartphone akan berbeda dengan header yang tampil di PC atau laptop. Untuk itu, pemilik channel wajib mengetahui berapa ukuran dari header youtube.

Hal ini bertujuan agar youtube kalian menampilkan gambar yang bagus tanpa terpotong meski dibuka di perangkat jenis apa pun.

Ukuran Header YouTube

Ukuran Header Youtube

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, ukuran header akan berbeda tergantung dari ukuran layar dari perangkat yang dipakai untuk mengakses video tersebut.

Akan tetapi, Youtube tetap memberikan panduan kepada para penggunanya agar masih bisa membuat header dan Thumbnail Youtube dengan ukuran yang pas.

Di bawah ini beberapa ketentuan yang diberikan YouTube yang berkaitan dengan header atau sampul dari sebuah channel Youtube.

  1. Dimensi minimal untuk gambar yang ignin diupload untuk dijadikan sebagai header adalah 2048 x 1152 pixel.
  2. Logo dan teks sebaiknya diletakkan pada area aman, area berukuran 1546 x 2423 pixel di bagian tengah gambar tersebut. Jika ditempatkan di luar area itu, gambar dan teks bisa saja terpotong karena ukuran layar itu.
  3. Foto yang melebar sebaiknya maksimal 2560 x 423 pixel karena area ini area aman dan sudah disebutkan sebelumnya bisa selalu tampak di semua ukuran layar di perangkat apa pun.
  4. Ukuran maksimal dari file gambar yang digunakan pada header channel 6 MB, apabila lebih besar dari ukuran itu, sistem Youtube akan langsung menolak pengaploud tan dari gambar kalian.

Cara Memasang Header Youtube

Ukuran Header Youtube

Melalui PC atau Laptop

Ketika kalian ingin mengubah header melalui PC atau Laptop, pastinya lebih lengkap dan terlihat lebih jelas. Nah, di bawah ini adalah tutorial bagaimana cara mengubah header channel melalui PC atau laptop.

  1. Pertama, silakan buat channel youtube terlebih dahulu, lalu klik Tombol Login yang ada di kanan atas.
  2. Silakan masukkan Email atau Username kalian dan tekan Next.
  3. Masukkan Kata Sandi dan Password lalu tekan Next, pastikan kalian berhasil masuk Youtube.
  4. Klik foto profil pada youtube kalian lalu pilih menu My Channel.
  5. Klik Add header channel khusus bagi channel kalian yang belum memiliki header.
  6. Pilih Gambar dari penyimpanan internal komputer yang ingin kalian masukan.
  7. Potong dan Crop gambar jika ukuran gambar kalian belum sesuai dengan aturan Youtube.
  8. Jika sudah, klik Done.
  9. Selesai.

Melalui Smartphone

Cara upload header melalui Smartphone, berikut ini adalah panduan untuk upload header channel Youtube di smartphone (Android).

  1. Pertama, silakan login akun Google di Android kalian.
  2. Kemudian buka aplikasi Youtube lalu kalian klik pada Menu Profil yang ada di kanan atas halaman aplikasi Youtube.
  3. Pilih opsi Your channel, pilih opsi Edit Channel.
  4. Klik ikon kamera yang terdapat di bagian Header, pilih opsi Choose File.
  5. Temukan Gambar yang ingin kalian gunakan sebagai header.
  6. Jika sudah, klik Done.
  7. Selesai.

Tips Membuat Header Youtube yang Menarik

ukuran header YouTube

Jika kalian ingn membuat sampul Youtube kalian menjadi lebih menarik lagi, kalian harus tahu cara desain grafisnya. Sederhananya, tapi gambar dan sampul yang bagus akan lebih menarik banyak orang.

Berikut adalah tips membuat header yang menarik di bawah ini:

Gunakan Foto Pribadi

Jika konten kalian mirip seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar, maka gunakanlah foto kalian pada header. Kalian memiliki banyak stok foto pribadi yang nanti bisa dijadkan foto sampul.

Ada banyak youtuber yang tidak menggunakan fotonya sendiri sehingga youtbenya menjadi kurang menarik. Hal ini sah-sah saja akan tetapi, kami tetap merekomendasikan memakai foto header kalian sendiri.

Perhatikan Kecerahan Gambar

Sebelum kalian pakai sebagai sampul, perhatikan dahulu kualitas dari gambar tersebut. Pastikan tingkat kecerahannya optimal. Sampul yang bagus akan tampak mencolok dan menarik perhatian.

Untuk itu kalian harus memilih gambar tebaik untuk dipasangkan pada channel youtube kalian.

Letakkan Judul Video Pada Sampul

Kalian bisa memajang judul di dalam sampul pada Youtube kalian. Pengaruhnya tentu cukup besar, karena salah satunya dapat memberikan pesan kepada para penonton video Youtube kalian.

Dengan melihat sampul yang menarik, maka orang akan lebih mengeksplor lagi video lain di Youtube kalian. Beberapa youtuber juga sering menggunakan nomor di sampul videonya yang cocok untuk video tersebut.

Gunakan Font yang Sama

Ketika membuat sebuah sampul, jangan menggunakan font yang begitu begitu saja. Ingatlah selalu nama font yang ingin kalian pakai.

Hal ini akan memberikan ciri khas dan kesan dari desain yang bagus di Channel Youtube milik kalian. Ada banyak variasi font yang dapat kalian gunakan sesuaikan dengan konsep konten atau keinginanmu.

Simpulan

Header biasanya ditemui pada bagian atas halaman channel YouTube. Fungsi dari header adalah untuk memberikan informasi kepada para penonton mengenai channel tersebut.

Header bisa menjadi sebuah identitas dan ciri khas saat menciptakan nuansa yang khas dan unik pada channel YouTube kalian.

Biasanya header yang ditampilkan berbeda-beda, tergantung dari jenis perangkat yang digunakan pengguna oleh seorang youtuber.

Demikianlah informasi dari kami Hindsband.com, jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan mengisi kolom komentar dibawah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya, terimakasih.

Baca Juga :

Leave a Comment