Cara Uninstall Avast

Jika pada aplikasi Avast kamu selalu muncul tulisan setup is already running dan ingin menghapusnya, silahkan simak ulasan berikut ini tentang cara uninstall Avast di Windows 7, 8, 10 dan untuk di Mac dengan mudah.

Untuk membantu menjaga keamanan data dan program komputer atau PC, program antivirus sangat dibutuhkan dan wajib di install pada perangkat laptop maupun PC.

Salah satu program antivirus yang banyak digunakan dan cukup populer di dunia adalah Avast. Selain mudah dalam menginstall aplikasinya, Avast juga dapat menaikkan level keamanan dengan perlindungan real-time, deteksi ancaman cerdas, dan tambahan keamanan untuk jaringan, sandi, dan browser.

Namun terlepas dari beberapa kelebihan dari Avast, banyak penggunanya yang ingin untuk menghapus atau meng-un-install aplikasi antivirus tersebut karena berbagai alasan.

Ketika memasang aplikasi antivirus, maka programnya akan menjadi bagian dari sistem sehingga perlu penangan khusus untuk benar-benar uninstall aplikasi ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara uninstall Avast free antivirus. Karena diperlukan tambahan program yang digunakan untuk uninstall Avast, jadi untuk kamu yang ingin tau bagaimana caranya, baca artikel hindsband sampai habis ya!

Tentang Avast Antivirus

avast antivirus

Avast adalah salah satu program antivirus paling populer di dunia dan memiliki jumlah pengguna yang fantastis. Pengembang dari software ini adalah Alwil Software yang berbasis di Republik Ceko.

Perusahaan ini sudah ada sejak lama, tepatnya sejak tahun 1988 dan untuk pendukung pengembangan Avast diketahui berjumlah sedikitnya 500 juta orang.

Avast juga tersedia untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Kelebihan antivirus ini seperti proteksi real-time, keamanan jaringan, deteksi virus cerdas, password, dan web browser.

Selain itu, antivirus ini juga tersedia dalam mode gratis dengan perlindungan yang cukup lengkap. Pengguna cloud meng-uninstall antivirus ini karena diyakini dapat memperlambat komputer dan menghapus banyak dokumen.

Baca Juga: Cara Menghapus Chromium

Selain itu, ada beberapa alasan lain untuk menghapus aplikasi ini karena membuat pengguna lebih nyaman menggunakan antivirus bawaan PC.

Terkadang Avast Antivirus juga bisa masuk dan menginstal sendiri secara otomatis saat Anda membuka halaman web tertentu.

Cara Uninstall Avast Dengan Avast Clear

cara uninstall avast

Avast Clear adalah aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan untuk menghapus berbagai produk Avast yang diinstall di komputer Windows, termasuk Avast Free Antivirus, Internet Security, Omni dan sebaginya.

Aplikasi ini disediakan langsung oleh pihak Avast, dan bisa berjalan di OS:

  • Untuk Windows 7.
  • Windows 8.
  • Windows 10.
  • Dan Mac.

Berikut cara uninstall Avast dengan Avast Clear di Windows:

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi Avast Clear terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi berhasil terunduh, nonaktifkan fitur proteksi Avast. Klik ikon Avast > Disable
Cara Uninstall Avast
  • Selanjutnya, silahkan shut down komputer kamu, dan tunggu beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali.
  • Langkah berikutnya, pada saat komputer menyala dan belum masuk ke loading windows, tekan tombol F8 pada keyboard berulang-ulang.
Cara Uninstall Avast
  • Pada bagian berikutnya, Jalankan Windows dalam Safe Mode
Cara Uninstall Avast
  • Buka aplikasi Avast Clear yang sudah terunduh tadi.
  • Apabila aplikasi telah terbuka, silahkan buka utilitasi penghapusan instalasi. Klik Uninstall untuk melakukan proses uninstall Avast.
Cara Uninstall Avast
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai kemudian klik finish.
  • Jika proses Uninstall telah berhasil dilakukan, kamu akan diberikan dua opsi untuk melakukan restart. Pilih restart komputer, agar langsung bisa dinyalakan ulang dan antivirus tidak akan muncul lagi pada komputer.

Note: Perhatikan kembali isi folder yang anda pilih, karena folder tersebut akan terhapus.

Cara Uninstall Avast di Mac

Aplikasi tambahan Avast ini selain digunakan untuk pengguna Windows, juga bisa digunakan untuk pengguna Mac Book. Kelebihan yang ditawarkan oleh Avast banyak menarik pengguna Mac untuk memakainya sebagai alat bantu proteksi antivirus meskipun, sistem operasi komputer milik Apple ini jarang terpapar virus.

Berikut cara uninstall Avast di Mac:

  • Buka program Avast di jendela Mac kamu,  lalu klik pilihan Avast yang tersedia di sebelah logo Apple.
  • Selanjutnya, pilih opsi uninstall Avast Premium Security untuk membuka pilihan selanjutnya.
  • Kemudian setelah beberapa saat akan muncul jendela pilihan untuk konfirmasi, lalu pilih Uninstall.
cara uninstall avast di mac
  • Pada bagian ini kamu diharuskan memaskkan Username dan Password untuk melanjutkan proses penghapusan.
cara uninstall avast di mac
  • Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.
cara uninstall avast di mac
  • Selesai, Avast telah berhasil di Uninstall.

Membersihkan Lewat Ccleaner

Cara Uninstall Avast

Setelah menghapus program Avast dari komputer kamu, alangkah lebih baik jika kamu membersihkannya kembali dengan CCleaner, untuk memastikan tidak ada berkas-berkasi sampah atau registri yang tertinggal.

CCleaner dianggap sebagai salah satu pembersih registri terbaik di luar sana. Aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan file yang rusak atau tidak diinginkan di sistem komputer kamu.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan sedikit ruang sehingga proses instalasinya cepat. Berikut caranya:

  1. Pastikan kamu telah meng-install aplikasi CCleaner terlebih dahulu.
  2. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Pada menu home, klik menu Registry kemudian pilih Scan.
  4. Selanjtnya, tunggu beberapa saat sampai proses scanning registry selesai.
  5. Klik Fix untuk menghapus semua registry.
  6. Selesai.

Penutup

Begitulah sedikit pembahasan mengenai cara uninstall program Avast di Windows 10, Windows 7, Windows 8, dan Mac. Untuk kamu yang ingin melakukan uninstall Avast, maka cara di atas tersebut dapat kamu gunakan.

Dengan Avast Clear, dapat memudahkan kamu untuk melakukan penguninstallan alasannya selain bersih, sistem juga dijamin aman dari error. Cara ini ampuh digunakan untuk kamu yang selama ini kesulitan untuk mengganti program antivirus ini dengan program antivirus lainnya.

Baca juga: Research Download Tool

Meskipun kamu telah menghapusnya sampai benar-benar bersih, tapi jangan khawatir tentunya kamu masih tetap dapat memasang antivirus ini lagi jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment